STUDI KASUS TENTANG LINGKUNGAN

Standar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Studi Kasus

Kertas Leces telah menyadari dampak lingkungan atas kegiatan perusahaan yang secara langsung mempengaruhi daya saing produk jadi di pasar. PT. Kertas Leces terletak di Desa Sumber Kedawung Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur berjarak 112 km sebelah timur Surabaya Berjarak 114 km dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang merupakan pelabuhan ekspor dan impor Berjarak 12 km dari Kota Probolinggo dan 14 km dari pelabuhan laut Probolinggo Terletak pada jalur lalu lintas Surabaya-Banyuwangi. Lokasi PT. Kertas Leces dekat dengan sumber air berasal dari sumber air Rongggojalu, dengan kapasitas 10.000 m3/ jam, yang berjarak lebih kurang 1,7 km dari pabrik. Dengan menggunakan bagasse, limbah pabrik gula sebagai bahan baku utama untuk memproduksi kertas, PT Kertas Leces membuktikan bahwa sangat peduli dengan konservasi lingkungan yang berkelanjutan. Dalam melakukannya, PT Kertas Leces pada akhirnya berkomitmen untuk melestarikan lingkungan secara berkelanjutan melalui kebijakan lingkungan sebagai berikut :

Mencoba yang terbaik untuk mencegah kemungkinan dampak lingkungan yang berbahaya dan hasil produk yang ramah lingkungan dengan meyakinkan konsisten perbaikan dan kesempurnaan pada perlengkapan, peralatan, dan teknologi serta bahan baku substantion.

Melakukan, mempertahankan, meningkatkan dan up-grading Sistem Manajemen Lingkungan dan kampanye secara terus menerus, berkomunikasi dan mendesak bahwa semua karyawannya melakukan upaya tersebut.

Pemantauan, Pendataan dan pelaporan kondisi lingkungan yang berkesinambungan.

Kebijakan Lingkungan ini merupakan komitmen nyata dari seluruh manajemen dan karyawan untuk masalah ini.

Sumber : http://www.kertasleces.co.id

 Analisis dan Solusi

Sebagai upaya mewujudkan perushaan yang ramah lingkungan atau peduli dengan lingukang maka dibutuhkan upaya nyata untuk melakukan hal tersebut melalui suatu sistem manajemen lingkungan yang handal, efektif, terdokumentasi, serta mendorong untuk selalu dilakukan peningkatan seperti halnya penerapan sistem manajemen lingkungan yaitu ISO 14001. Hal ini perlu dukungan semua pihak, baik manajemen, karyawan serta semua pihak yang terkait. Dalam melakukan kepedulian ramah lingkungan PT. Kertas Leces berkomitmen dalam melestarikan lingkungan secara berkelanjutan.

Sebagai langkah awalnya untuk pengembangan, penerapan, sistem manajemen lingkungan adalah pertama yaitu Mencoba yang terbaik untuk mencegah kemungkinan dampak lingkungan yang berbahaya dan hasil produk yang ramah lingkungan dengan meyakinkan konsisten perbaikan dan kesempurnaan pada perlengkapan, peralatan, dan teknologi serta bahan baku substansi.

Penerapan dalam kebijakan ini yaitu melakukan pengendalian operasi, perusahaan perlu mengindentifikasi operasi-operasi yang berpotensi menimbulkan dampak lingkungan yang berbahaya dan operasi ini harus di kendalikan untuk mencegah timbulnya dampak yang serius. Perusahaan harus membuat prosedur tertulis untuk mengendalikan operasi-operasi tersebut. Prosedur dalam pengendalian operasi ini juga perlu di evaluasi dan dikaji secara berkala sebelum timbulnya dampak lingkungan yang serius. Metode dalam pengendalian operasi bagi PT. Kertas Leces ini adalah pembuatan prosedut standar operasi (SOP), pemberian pelatihan khusus kepada operator untuk kesempurnaan perbaikan perlengkapan, peralatan dan teknologi, selanjutnya preventif  maintenance, berikutnya pemilihan teknologi yang ramah lingkungan agar dampak lingkungan yang dihasilkan tidak mengganggu masyarakat sekitar perusahaan.

Pengendalian operasi ini dapat memberikan manfaat kepada perushaan yaitu terjadinya peningkatan image masyarakat terhadap perusahaan termasuk dunia internasional dan dapat mempertahankan pemegang sertifikat ISO 14001 sehingga citranya meningkat. Mengurangi resiko penuntutan dari penegak hukum dan lembaga swadaya masyarakat sekitar.

Apabila PT. Kertas Leces dalam pengendalian operasinya sudah mencakupi maka selanjutnya yaitu melakukan kebijakan yang kedua melakukan, mempertahankan, meningkatkan dan up-grading Sistem Manajemen Lingkungan dan kampanye secara terus menerus, berkomunikasi dan mendesak bahwa semua karyawannya melakukan upaya tersebut. Penerapan pada kebijakan perusahaan yang kedua ini yaitu perusahaan diharapkan memberikan pelatihan kepedulian dan kompetensi untuk karyawan yang bekerja didalam PT. Kertas Leces. Berhubung PT. Kertas Leces ini sudah menerapkan ISO 14001 program pelatihan yang dilakukan mencakup waktu, silabus, instruktur dan sasaran pelatihan, untuk progra kepedulian dapat dibuat dengan berbagai metode, misalnya memberikan reward ataua hukuman. Untuk menilai keberhasilan suatu program pelatihan, perlu dibuat evaluasi-evaluasi agar dalam pelatihan tersebut berjalan lebih baik. Dalam penerapan pelatihan kepedulian dan kompetensi ini karyawan yang bekerja dapat mempertahankan, meningkatkan, dan up-grading sistem manajemen lingkungan.

Dalam pelatihan kepedulia dan kompetensi yang diberikan kepada karyawan yang bekerja di PT. Kertas Leces memberikan manfaat bagi karyawanya yaitu menjadi peduli terhadap tugas khususnya peduli terhadap lingungan menjadi meningkat, semangat bekerja meningkat, membantu dalam mengurangi limbah yang dibuang keligkungan dengan menerapkan ISO 14001 maka jumlah limbah yang dibuang kelingkungan dapat berkurang.

Selanjutnya dalam kebijakan yang ketiga yaitu Pemantauan, Pendataan dan pelaporan kondisi lingkungan yang berkesinambungan dalam hal ini PT. Kertas Leces harus melakukan rutinitas dalam hal pemantauan dan pendataan laporan dari segi kondisi lingkungan. Dalam pemantauan dan pendataan laporan yang perlu di pantau juga seharusnya sudah dapat ditentukan dengan alat-alat pemantauan yang dikalibrasi untuk menghidari terjadinya penyimpangan dalam pendataan.Hasil dari pemantauan ini perlu dievaluasi dan didokuentasikan serta perlu dibuat waktu tinggalnya.

PT.Kertas Leces ini membuat kebijakan denga komitmen yang meraka buat semua itu untuk mempertahankan sertifikasi ISO 14001 yang mereka dapat selain itu yang harus dilakukan oleh PT.Kertas Leces ini yaitu selalu mengadakan evaluasi atau audit data yang berhubungan dengan SML sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menetapkan program-program perbaikan penerapan SML ISO 14001 sehingga dapat menuju perbaikan yang berkesinambungan untuk sekarang dan yang akan datang selian itu juga PT.Kertas Leces dapat  menunjukan kepada masyarakat disekitar bahwa PT Kertas Leces peduli terhadap lingkungan sekitar dan PT Keertas Leces ini dapat bersaing kembali di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s