MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Standar

بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْـــــمِ

 

  •   KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

             Kepribadian bangsa timur berbeda dengan kepribadian bangsa barat, dari wilayahnya, lingkungan, gaya hidup, kebudayaan dan kebiasaannya pun berbeda. menjelaskan tentang kepribadian bangsa timur,sudah jelas kita semua tau bahwa bangsa timur identik dengan benua Asia. Yang penduduknya sebagian besar berambut hitam dan berkulit sawo matang, dan sebagian pula berkulit putih dan bermata sipit.

              Bangsa timur adalah bangsa yang dikenal sangat baik dan ramah, mempunyai sifat toleransi yang tinggi dan saling tolong menolong. Bangsa barat saat berkunjung ke wilayah negara timur, mereka pasti selalu berpendapat bahwa orang-orang timur itu baik dan ramah. Bangsa timur dalam berpakaian pun tergolong sopan. mereka pun sangat melestarikan budaya masing-masing dan mempunyai adat istiadat yang di junjung tinggi.

Hospitality

           Maksud dari sifat tersebut menunjukkan bahwa bangsa timur memiliki sifat yang ramah dan sopan serta mudah bersosialisasi dengan bangsa lainnya. Sikap peduli terhadap lingkungan sekitar membuat bangsa timur mudah bergaul berbeda dengan bangsa barat yang cenderung hidup lebih individualis.

  •         PENGERTIAN KEBUDAYAAN

      Kebudayaan itu ibarat sebuah lensa dimana seperti hal nya saat kita menggunakan lensa, untuk meneropong sesuatu kita harus memilih suatu objek tertentu yang akan dilihat secara fokus. Beberapa orang awam mengartikan kebudayaan merupakan sebuah seni. Padahal sebenarnya kebudayaan itu bukan hanya sekedar seni. Kebudayaan melebihi seni itu sendiri karena kebudayaan meliputi sebuah jaringan kerja dalam kehidupan antar amnusia .

          Kebudayaan dapat didefinisikan sebagai suatu keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterpretasi lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi pedoman bagi tingkah lakunya. Dengan demikian, setiap anggota masyarakat mempunyai suatu pengetahuan mengenai kebudayaannya tersebut yang dapat tidak sama dengan anggota-anggota lainnya, disebabkan oleh pengalaman dan proses belajar yang berbeda dan karena lingkungan-lingkungan yang mereka hadapi tidak selamanya sama.

 

  • UNSUR UNSUR KEBUDAYAAN

Unsur-unsur kebudayaan meliputi semua kebudayaan yang ada di dunia , baik yang kecil ,kompleks, maupun yang besar ,dan dengan hubungan jaringan yang luas. Menurut B.Malinovoski kebudayaan di dunia ada 7 unsur yaitu :

 

  • ·       Bahasa

Bahasa merupakan alat komunikasi antara anggota masyarakat

  • ·       System teknologi

System teknologi merupakan suatu cara yang di kembangkan dengan ilmu yang di rancang manusia untuk mempermudah kehidupanya.

 

  • ·       Sistem mata pencaharian

system mata pencaharian adalah cara yang dilakukan oleh sekelompok orang sebagai kegiatan sehari-hari guna usaha pemenuhan kehidupan

  • ·       Organisasi sosial

Organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat dalam kehidupan

  • ·       System pengetahuan

System pengetahuann adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh menusia ketika melakukan sesuatu oleh pengamatan panca indranya.

  • ·       Religi

Religi adalah kepercayaan yang di yakini oleh masing masing individu masyarakat.

 

  • WUJUD KEBUDAYAAN

Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga yaitu :

  • ·       Gagasan (Wujud ideal)

      Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat.

  • ·       Aktivitas (tindakan)

       Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terjadi karena  aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan

  •         Artefak (karya)

     Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia

   Sepintas definisi-definisi tersebut kelihatan berbeda namun sebenarnya mempunyai prinsip yang sama yaitu sama-sama mengikuti adanya ciptaan manusia. Dapat kita simpulkan bahwa kebudayaan adalah hasil buah dari manusia untuk  mencapai kesempurnaan hidup.

 

  •  Orientasi nilai budaya

 

Skema Kluckhohn: Lima Masalah Dasar Yang Menentukan Orientasi

Nilai Budaya Manusia

Masalah Dasar Dalam Hidup

Orientasi Nilai Budaya

Konservatif

Transisi

Progresif

Hakekat Hidup

Hidup itu buruk

Hidup itu baik

Hidup itu sukar tetapi harus diperjuangkan

Hakekat Kerja/karya

Kelangsungan hidup

Kedudukan dan kehormatan / prestise

Mempertinggi prestise

Hubungan Manusia Dengan Waktu

Orientasi ke masa lalu

Orientasi ke masa kini

Orientasi ke masa depan

Hubungan Manusia Dengan Alam

Tunduk kepada alam

Selaras dengan alam

Menguasai alam

Hubungan Manusia Dengan Sesamanya

Vertikal

Horizontal/ kolekial

Individual/mandiri

Orientasi atau focus dari nilai budqaya adalah untuk membahas dan juga menyelesaikan 5 permasalahan dalam hidup yaitu (1) masalah hakekat hidup, (2) hakekat kerja atau karya manusia, (3) hakekat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu, (4) hakekat hubungan manusia dengan alam sekitar, dan (5) hakekat dari hubungan manusia dengan manusia sesamanya.

 

 

  • PERUBAHAN KEBUDAYAAN

 

          Perubahan Kebudayaan adalah suatu keadaan dalam masyarakat yang terjadi karena ketidaksesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga tercapai keadaan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan. Tidak ada yang bisamempertahankan hidup selamanya. Segala sesuatu yang ada di dunia ini akanmengalami kerusakan dan hanya ada satu yang abadi yakni Tuhan YME.

 Contoh perubahan kebudayaan :
seperti mekasnisme pertanian yang terjadi adalah hilangnya teknik tradisional untuk bercocok tananam seperti menumbuk padi di lesung di ganti oleh mesin penggiling yang disebut teknik “huller” aibatnya banyak buruh padi yang kehilangan pekerjaan .

Sebab sebab Perubahan Kebudayaan Adalah :

  • Akulturasi

1.    A. Kroeber mendefinisikan akulturasi merupakan bentuk perubahan kebudayaan yang di sebabkan oleh adanya pengaruh dari luar. Suatu akulturasi dapat terjadi jika di antara dua kebudayaan memiliki hubungan yang sangat erat serta saling membutuhkan untuk kemudian menjadikan bagian dari kebudayaan masing-masing.

2.    Koentjaningrat mengemukakan akulturasi timbul jika suatu kelompok manusia dengan kebudayaannya di hadapan dengan unsur kebudayaan asing yang berbeda sedemikian rupa sehinggaunsur kebudayaan asih itu di terima dan diolah dalam kebudayaanasing itu di terima dan diolah dalam kebudayaan sendiri tanpamenghilangkan kebudayaan sendiri.

  • Asimilasi

       dapat di devinisikan sebagai suatu proses sosial yangtelah lanjut dan di tandai dengan makin berkurangnya perbedaan-perbedaan antar individu dan antar kelompok serta dengan semakineratnya persatuan dalam dalam segi aktifitas.

 

Sumber :

http://seabass86.wordpress.com/2009/05/07/pengertian-budayadan-asal-usul-kebudayaan-serta-macam-macam-kebudayaan/

http://www.riauheritage.org/2011/01/unsur-unsur-kebudayaan.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya#Wujud

http://www.scribd.com/doc/38517404/Orientasi-Nilai-Budaya-Manusia

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s